Jumat, 22 April 2011

Pengawetan Pangan


PRINSIP PENGAWETAN PANGAN

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia dan pemenuhan kebutuhan pangan merupakan hak asasi setiap insan, sehingga Pemerintah berkewajiban untuk menyediakan pangan secara cukup setiap waktu, aman, bermutu, bergizi dan beragam dengan harga yang terkangkau oleh daya beli masyarakat. Untuk itu perlu sebuah sistem kemananan pangan yang memberikan perlindungan bagi pihak produsen (Petani) maupun konsumen (Masyarakat).

Sumberdaya manusia berkualitas merupakan unsur penting yang perlu memperoleh prioritas dan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia sangat ditentukan antara lain oleh kualitas pangan yang dikonsumsinya.

Proses produksi pangan dalam perdagangan perlu memenuhi ketentuan tentang sanitasi pangan, bahan tambahan pangan, residu  cemaran dan kemasan. Dalam proses produksi perlu digunakan metode tertentu untuk meminimalkan kemungkinan timbulnya resiko yang dapat merugikan dan membahayakan kesehatan manusia, seperti rekayasa genetika dan iradiasi.

Setiap orang yang memproduksi pangan untuk diperdagangkan perlu memperhatikan ketentuan mengenai mutu dan gizi pangan yang ditetapkan. Produk pangan wajib diperiksa di laboratorium sebelum diedarkan dan selama dalam peredaran wajib untuk dikontrol secara periodik.

A. Keamanan Pangan

Keamanan pangan merupakan syarat penting untuk siap dikonsumsi. Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga atau industri pengan. Oleh karena itu industri pangan merupakan salah satu faktor penentu beredarnya pangan yang mempunyai standar mutu dan kemanan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Keamanan pangan bukan hanya merupakan isu dunia tapi juga menyangkut kepedulian individu. Jaminan akan kemanan pangan merupakan hak asasi konsumen. Pangan termasuk kebutuhan dasar terpenting dan sangat esensial dalam kehidupan manusia.

Keamanan pangan selalu menjadi pertimbangan pokok dalam perdagangan, baik perdagangan nasional maupun internasional. Di seluruh dunia kesadaran dalam hal keamanan pangan semakin meningkat. Pangan semakin penting dan vital peranannya dalam pergadangan dunia, untuk itu perlu diketahui aspek keamanan pangan, analisis bahaya keamanan pangan dan berbagai peluang untuk menguranginya.

1. FoofborneDiseases

Lebih dari 90% penyakit yang diderita manusia terkait dengan makanan yang disebabkan oleh kontaminasi mikrobiologi, yaitu meliputi penyakit tipus, desentri amoeba, botulism dan intoksikasi bakteri lainnya serta hepatitis A dan trichinellosis.  Food borne disease dikenal dengan istilah keracunan makanan. WHO mendefisnisikan sebagai penyakit yang bersifat infeksi atau racun yang disebabkan oleh agen yang masuk kedalam tubuh melalui makanan yang dicerna.

Foodborne diseases baik yang disebabkan oleh mikroba atau sebab lain  meliputi bakteri, parasit, virus, ganggang air tawar, ganggang air laut, racun mikrobal dan toksin fauna terutama marine fauna. Komplikasi, kadar, gejala, dan waktu lamanya sakit juga sangat bervariasi tergantung penyebabnya.

Patogen utama dalam pangan adalah Salmonella sp, Staphylococcus aureus serta toksin yang diprosuksinya. Juga Bacillus cereus, Clostridium perfringens, Campylobacter sp, Helicobanter sp, Vibrio urinificus, Listeria monocytogenes, Yersinia enterolitica.  Patogen yang dinggap memiliki penyebaran yang luas terdiri dari salmonellosis, cholera, penyakit parasitik, dan enterovirus. Sedangkan yang memiliki penyebaran sedang adalah toksin ganggang dan yang memiliki penyebaran terbatas meliputi S aureus, B cereus, C perfringes dan botulism.

2. Pengendalian Kontaminasi Pangan

Pemerintah di berbagai belahan dunia menggunakan deretan usaha atau langkah pengendalian kontaminan pangan melalui inspeksi, registrasi, analisa produk akhir, untuk menentukan apakah suatu perusahaan pangan memproduksi produk pangan yang aman.

Masalah utama yang dihadapi adalah tingginya biaya yang diperlukan untuk pengendalian. Salah sati sistem baru bagi penjaminan (asuransi) keamanan pangan yang disampaikan pada tahun 1971 dalam suatu National Conference of Food Protection adalah Sistem The Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP).

HACCP adalah suatu sistem yang dianggap rasional dan efektif  dalam penjaminan keamanan pangan dari sejak dipanen sampai dikonsumsi. HACCP adalah suatu sistem yang mampu mengidentifikasi hazard (ancaman) yang spesifik seperti biologi, kimia serta sifat fisik yang merugikan dan dapat berpengaruh terhadap keamanan pangan dan dilengkapi dengan langkah-langkah pencegahan untuk mengendalikan ancaman tersebut.


B. Analisis Bahaya Pada Pangan

Pangan merupakan sumber energi dan berbagai zat gizi untuk keperluan hidup manusia, namun pangan juga bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Timbulnya bahaya dapat terjadi melalui unsur mikroorganisme, kimia atau alami. Penyakit yang ditimbulkannya diklasifikasikan dalam 3 jenis yaitu:
  1. penyakit akibat pangan yang disebabkan oleh mikroba yang mencemari pangan dan masuk ke dalam tubuh, kemudian hidup dan berkembang biak dan mengakibatkan infeksi pada saluran pencernaan (food infeksion).
  2. Penyakit akibat pangan yang disebabkan oleh racun / toksin yang dihasilkan oleh mikroba pada pangan (food poisoning). Kejadina intoksikasi tidak selalu disertai masuknya mikroba dalam tubuh.
  3. Penyakit akibat pangan yang penyebabnya bukan mikroba, tetapi bahan kimia dan unsur alami.

1. Bahaya Mikrobiologis

Mikroba terdapat dimana-mana, baik di tanah, debu, air atau udara. Sebagian besar dari mikroba tersebut tidak berbahaya, tetapi banyak juga yang menyebabkan penyakit infeksi pada manusia dan hewan. Dalam keadaan tertentu mikroba dapat berkembang biak dan menginfeksi jaringan tubuh dan dapat menular dari manusia satu ke manusia yang lain. Pangan menjadi beracun karena telah tercemar oleh mikroba tertentu dan mikroba tersebut menghasilkan racun yang cukup banyak yang dapat membahayakan konsumen. Pangan yang memiliki pH rendah seperti daging, telur dan susu sangat mudah terkontaminasi bakteri antara lain:
  1. Salmonella. Sumber infeksi kontaminasi Salmonella adalah kotoran hewan setelah dipotong, kotoran manusia atau air yang terkena polusi. Kontaminasi tidak langsung bisa melalui tangan manusia atau alat-alat yang digunakan. Gejala keracunan Salmonella adalah demam, sakit kepala, diare dan muntah. Masa inkubasi 5-72 jam, biasanya gejala muncul 12-36 jam setelah makan makanan yang tercemar.
  2. Clostridium perfringens. Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri ini adalah gastroenteritis, dengan gejala seperti sakit perut, diare dan terbentuknya banyak gas. Bakteri ini banyak terdapat dalam daging, ikan, susu, makanan kering, rempah-rempah, gelatin, tepung dan protein kedelai. Gejala timbul dalam waktu 8-24 jam setelah makan makanan tercemar.
  3. Vibrio parahaemolyicus. Wabah gastroenteritis oleh bakteri ini pernah terjadi di Jepang karena kebiasaan penduduknya makan ikan terkontaminasi dari hasil laut secara mentah. Hasil laut seperti ikan, kerang, kepiting, udang adalah bahan pangan yang sering terinfeksi bakteri ini. Masa inkubasi 2-48 jam, biasanya 12 jam. Gejala yang timbul adalah sakit perut, diare (kotoran berair dan mengandung darah), mual dan muntah, demam ringan dan sakit kepala. Penderita akan sembuh 2-5 hari.
  4. Escherichia coli.  Bakteri ini secara normal terdapat dalam usus manusia sehat jumlahnya mencapai 109 CFU/g. Bakteri dikenal sebagai indikator kontaminasi fekal dan dibagi dalam 2 kelompok yaitu non patogenik dan patogenik. Grup patogenik dapat menimbulkan penyakit dengan gejala diare berair disertai dengan muntah dan demam. Diare dapat sembuh sendiri.  Bila disertai toksin, maka gejala yang muncul adalah diare berair, kejang perut, demam, malaise dan muntah. Kontaminasi pangan berasal dari karyawan pengelola pangan atau kontak dengan air yang mengandung buangan manusia. Infeksi orang dewasa sehat memerlukan dosis paling sedikit 108 sel baik melalui pangan atau air yang tercemar.
  5. Bacillus cereus. Bakteri ini menyebabkan gastroenteritis pada manusia. Gejala mual, kejang perut, diare berair, dan muntah-muntah selam sehari. Pangan yang sering terkontaminasi adalah serealia, tepung, bumbu, pati, puding, saus, nasi goreng.
  6. Vibrio cholerae. Bakteri ini menyebabkan terjadinya wabah kolera. Cara kerja bakteri ini dengan menyerang dinding saluran usus dan menyebabkan diare dan muntah. Penularan bakteri dapat melalui air, ikan dan makanan hasil laut.
  7. Intoksikasi pangan karena bakteri. Bakteri penyebab intoksikasi adalah Clostridium botulinum, Staphylococcus aureus dan Pseudomonas cocovenenans. Racun yang dihasilkan oleh bakteri lebih tahan panas dibandingkan dengan bakterinya itu sendiri. Gejala intoksikasi tergantung dari jenis bakteri, antara lain:
    1. Racun yang dihasilkan oleh Clostridium botulinum dapat menyebabkan kematian dengan gejala dimulai dari gangguan pencernaan yang akut, mual, muntah, pusing, sakit kepala, pandangan berubah menjadi dua, sulit menelan dan berbicara, otot-otot menjadi lumpuh dan kematian terjadi akibat sulit bernapas. Pada kasus yang fatal kematian dapat terjadi 3-6 hari. Pada umunya intoksikasi terjadi pada makanan kaleng berasam rendah. Makanan kaleng yang sering menyebabkan botulism adalah jagung manis, bit, asparagus dan bayam. Botulism  juga mungkin terjadi pada ikan asap.
    2. Racun yang dihasilkan oleh Staphylococcus aureus menimbulkan gejala banyak mengeluarkan ludah, mual, muntah, kejang perut, diare berdarah dan berlendir, sakit kepala, kejang otot, berkeringat dingin, lemas, napas pendek, suhu tubuh dibawah normal. Gejala ini berlangsung 1-2 hari dan dapat menyebabkan kematian.
    3. Racun yang dikeluarkan oleh Pseudomonas cocovenenans (racun bongkrek) ditandai dengan hipoglikemia, kejang, tidak sadar. Penderita dapat meninggal setelah 4 hari mengkonsumsi tempe bongkrek.

2. Bahaya Kimia

Secara alamiah dalam bahan pangan sudah mengandung racun karena merupakan komponen dari pangan, contohnya  jamur racun, singkong racun, ikan racun, jengkol dan sebagainya.
  1. Jamur racun. Beberapa jenis jamur racun yang menyerupai jamur merang yaitu Amanita muscaria yang menghasilkan racun muskarin dan jamur Amanita palloides yang menghasilkan jamur phallin. Masa inkubasi relatif cepat antara 15 menit hingga 15 jam. Gejala keracunan jamur adalah sakit perut, timbul rasa haus, mual muntah, diare, badan menjadi lemah, kadang-kadang diikuti dengan keluarnya air mata dan dapat berakhir dengan kematian.
  2. Jengkol. Jengkol berasal dari tanaman Pithecolobium lobatum, biasanya dikonsumsi dalam bentuk emping jengkol, sebagai lauk sayur jengkol atau lalap bentuk mentah. Jengkol dapat menimbulkan keracunan kalau dikonsumsi terlalu banyak. Jengkol memiliki bau yang tidak sedap dan keracunan disebabkan oleh asam jengkolatm yang hablurnya berbentuk jarum roset, mudah larut dalam larutan asam atau basa, larut dalam air panas dan sukar larut dalam air biasa, sehingga menyebabkan peyumbatan pada saluran urine dan terganggunya fungsi ginjal. Gejala keracunan jengkol adalah perut kembung, mual, kadang-kadang muntah, tidak dapat buang air besar. Timbul rasa nyeri (kolik) di daerah pinggang atau sekitar pusar dan kadang-kadang diserta kejang-kejang. Urine sedikit berbau khas jengkol, adakalanya berwarna merah bercampur putih seperti air cucian beras karena dalam urine terdapat sel darah merah dan sel darah putih dan pada keracunan jengkol berat tidak dapat kencing sama sekali karena saluran urine tersumbat oleh hablur asam jengkolat.
  3. Singkong racun. Penyebab keracunan pada singkong adalah asam sianida yang terdapat pada daun maupun umbi singkong. Asam sianida akan menghambat pengangkutan oksigen oleh sel darah merah. Gejala keracunan singkong seperti keracunan asam sianida pada umunya yaitu mual, muntah, pusing, sukar bernapas, denyut jantung cepat kemudian pingsan dn dapat berakhir dengan kematian.
  4. Intoksikasi pangan karena logam berat. Keracunan ini dapat terjadi karena adanya proses pencemaran pada waktu penanaman, pemeliharaan, penyimpanan pascapanen dan pengolahan. Selain itu kontaminasi juga dapat terjadi melalui alat masak yang mengandung logam berbahaya dan mengalami pengikisan permukaan.
  5. Keracunan nitrit. Keracunan nitrit dapat terjadi karena penggunaan yang melewati batas maksimum, salah pemakaian atau tercampur secara tidak sengaja karena kelalaian dan ketidaktahuan. Gejala keracunan nitrit meliputi penuruan tekanan darah yang tiba-tiba, mual, muntah, kedinginan, kejang bibir dan ujung jari menjadi biru, kolaps dan kematian.
  6. Residu  pestisida. Pestisida banyak digunakan untuk melindungi tanaman dan hasil panen, tetapi dapat menimbulka keracunan pada bahan pangan dan lingkungan hidup karena residu yang ditinggalkannya. Secara langsung maupun tidak langsung pestisida dapat mencemari karena terhisap melalui pernafasan atau tercerna bersama makanan dan air minum. Pencemaran terahadap air dapat terjadi karena sisa pestisida atau penyemprotan rawa-rawa atau sawah. Gejala keracunan pestisida yaitu penederita nampak gelisah, sakit kepala, rasa lelah, kedutan otot dan kejang. Lebih lanjut dapat mengganggu sistem kerja otak karena bersifat neurotoksik.

C. Cara Menghindari Bahaya  Mikrobiologis dan Kimia

Pengetahuan higiene dan sanitasi merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menyiapkan pangan yang higienis, aman dan bebas dari penyakit. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa penyakit yang berkaitan dengan pangan yang terkontaminasi merupakan salah satu masalah kesehatan negara berkembang.


1. Bahaya mikrobiologis.

WHO memberikan 10 petunjuk untuk menyiapkan pangan yang aman yaitu:
  1. Demi keamanan, pilihlah makanan yang telah diolah. Pada umumnya pangan lebih baik dimakan dalam keadaan mentah seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, tetapi ada juga yang lebih baik dimakan setelah diolah atau dimasak. Perlu diingat bahwa pengolahan pangan ditujukan untuk meingkatkan keamanan juga agar pangan dapat lebih tahan lama.
  2. Masaklah pangan dengan sebaik-baiknya. Beberapa pangan mentah terutama ayam, daging atau susu tidak dipasteurisasi sering kali terkontaminasi bakteri patogen. Dengan memasak sebaik-baiknya, yaitu seluruh bagian pangan mentah yang dimasak suhu 700C, maka bakteri patogen akan mati.
  3. Pangan yang elah dimasak hendaklah segera dimakan. Jika pangan yang telah dimasak dibiarkan di tempat terbuka, maka bakteri akan berkembang biak, makin lama dibiarkan makin besar resiko yang diperoleh.
  4. Pangan matang supaya disimpan dengan hati-hati. Kesalahan umum yang biasa dilakukan adalah menyimpan pangan hangat dalam almari es dalam jumlah yang besar. Dalam lemari es yang isinya berlimpah, makanan matang tidak dapat menjadi dingin seluruhnya secepat yang dikehendaki. Jika bagian tengah makanan tetap hangat, dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka mikroba akan tumbuh dengan cepat berkembang biak mencapai jumlah yang dapat menimbulkan penyakit.
  5. Panaskan kembali makanan matang dengan seksama. Ini cara terbaik untuk menghindari bakteri yang mungkin telah sempat berkembang biak selama penyimpanan (meskipun penyimpanan sempurna menghambat pertumbuhan bakteri, tetapi tidak mematikannya).
  6. Hindari bercampurnya pangan mentah dengan pangan matang. Pangan matang dapat terkontaminasi bila bersentuhan dengan pangan mentah. Kontaminasi silang ini dapat terjadi melalui kontak secara langsung maupun melalui alat-alat seperti pisau dan telenan.
  7. Cucilah tangan berulang-ulang. Sebelum menyiapkan pangan dan setiap selesai melakukan tahapan pekerjaan cuci tangan.
  8. Jaga agar seluruh permukaan perlengkapan atau peralatan dapur dalam keadaan bersih. Makanan sangat mudah terkontaminasi bakteri, maka setiap permukaan peralatan yang digunakan harus selalu dijaga agar tetap bersih. Serbet yang digunakan untuk membersihkan piring, sendok dan peraltan dapur lain harus diganti sesering mungkin, direbus dan dicuci sebelum digunakan kembali, demikian juga kain pel.
  9. Lindungi makanan dari serangga, tikus, dan hewan lainnya. Binatang sering membawa bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit melalui pangan. Menyimpnan makanan dalam wadah tertutup rapat merupakan cara perlindungan yang terbaik.
  10. Gunakanlah air bersih. Air bersih sama pentingya dengan air  minum. Jika menggunakan air dari sumber yang diragukan, rebus dahulu sebelum ditambahkan pada makanan matang.

2. Bahaya kimia

Pencegahan yang bisa dilakukan dalam mengantisipasi timbulnya penyakit akibat pangan oelh bahan kimia yaitu:
  1. Selalu memilih bahan pangan yang baik untuk dikonsumsi
  2. Menggunakan pestisida seperlunya dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertulis pada wadahnya. Selain itu juga menggunakan pestisida berwarna, misalnya warna biru sehingga mudah diketahui jika tertukar dengan bahan lain.
  3. Gunakan pakaian pelindung dan sarung tangan agar badan dan tangan tidak terkena pestisida, hindari menentang arah angin  dan wadah bekas pestisida harus ditimbun dalam tanah yang jauh dari sumber air. 
  4. Pembuangan limbah industri harus diatur sehingga tidak mencemari sumber air bersih.
  5. Tidak menggunakan alat masak atau wadah yang dilapisi logam berat (tembaga, seng, antimon, kadmium).
  6. Mencuci sayuran dan buah-buahan dengan bersih sebelum diolah atau dimakan.
Keamanan pangan merupakan syarat penting yang harus melekat pada pangan yang hendak dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pangan yang bermutu dan aman dapat dihasilkan dari dapur rumah tangga atau industri pangan. Oleh karena itu pengetahuan mengenai keamanan sangat penting untuk mendasari prinsip pengawetan pangan.

D. Kerusakan Pangan

Pangan adalah bahan yang dimakan untuk memenuhi keperluan hidup untuk tumbuh, bekerja dan perbaikan jaringan. Bahan pangan dapat digolongkan menjadi dua yaitu hewani dan nabati. Bahan pangan nabati relatif  lebih tahan lama waktu simpannya daripada hewani. Namun semua bahan pangan sangat rentan terhadap kerusakan baik dari dalam maupun luar bahan, baik dalam penanganan,  pengolahan atau proses penyimpanannya. Bahan pangan setelah dipanen secara fisiologis  masih hidup dan proses ini berlangsung terus sampai terjadi pembusukan. Upaya untuk memperlambat proses fisiologis ini akan memperlambat proses pembusukan, biasanya disebut pengawetan.

Kerusakan bahan pertanian tergantung dari jenisnya, dapat berlangsung secara lambat misalnya biji-bijian atau kacang-kacangan, namun dapat pula berlangsung secara cepat misalnya susu. Bahan pangan yang berasal dari nabati maupun hewani digolongkan sebagai bahan biologis, yaitu bahan-bahan yang mengandung komponen-komponen organik berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, zar warna dan enzym-enzym. Variasi dalam komposisi komponen ini sangat menentukan sifat-sifat spesifik bahan hasil pertanian.

Komponen organik mudah mengalami perubahan baik dalam kondisi segar ketika sebelum dipanen atau sesudahnya. Perubahan komponen organik tersebut disebabkan karena masih berlangsungnya proses biokimiawi, tetapi dapat pula disebabkan oleh faktor luar yang mempengaruhinya. Setiap bahan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan ini disebabkan karena beberapa hal meliputi perbedaan besar (jumlah), perbedaan komponen penyusun, perbedaan jaringan.
  1. Bahan yang banyak mengandung protein pada umumnya mempunyai tekstur keras (misalnya biji-bijian).
  2. Bahan yang banyak mengandung vitamin A akan berwarna lebih kuning kemerahan dan  bahan yang banyak mengandung klorofil akan berwarna hijau.
  3. Tekstur bahan pangan banyak ditentukan oleh struktur jaringan penyusunnya. Pada bahan pangan nabati dikenal berbagai penyusun jaringan yaitu kambium, phloem, parenkim, kulit.
  4. Rasa bahan pangan ditentukan oleh zat yang terkandung didalamnya misalnya rasa pahit ditentukan oleh alkaloid, rasa enak berhubungan dengan lemak dan rasa manis dipengaruhi oleh kandungan gula.

Faktor-faktor penyebab kerusakan pangan antara lain
  1. Faktor biologis meliputi bakteri, ragi, kapang, serangga, tikus baik secara sendiri-sendiri atau bekerja sama bisa menimbulkan kerusakan bahan pangan.
  2. Faktor lingkungan yang dapat sebagai penyebab kerusakan pangan meliputi cahaya dan oksigen.
  3. lamanya penyimpanan




1. Faktor Biologis

1.1. Bakteri, ragi dan kapang
  1. Bakteri. Bakteri dapat ditemukan dimana saja termasuk ditemukan diatas permukaan kulit buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian. Bakteri memiliki beberapa bentuk yang khas, misalnya bentuk bulat pada Streptococcus sp, Microsossus sp dan Sarcina sp. Bakteri berbentuk batang misalnya Bacillus ap, berbentuk spiral misalnya Spirilla ap dan Vibrious ap. Bakteri mempunyai ukuran yang sangat kecil hanya beberapa mikron ( 1/1000 mm). Bakteri ada yang membentuk spora dan lebih tahan terhadap pemanasan, pengaruh kimia dan pengaruh lainnya. Spora bakteri ini jauh lebih tahan daripada spora ragi atau kapang, dan lebih tahan terhadap pemanasan daripada enzym. Proses sterilisasi terutama ditujukan untuk mematikan spora-spora bakteri yang mempunyai daya tahan terhadap panas yang tinggi.
  2. Ragi. Ragi berbentuk bulat atau lonjong dan panjang sel 20 mikron atau lebih.
  3. Kapang tumbuh seperti bulu atau rumput yang disebut mycellia pada ujungnya berbentuk seperti buah yang disebut konidia dan mengandung spora. Spora  berwarna khas, misalnya hijau atau hitam pada roti busuk, merah jingga pada oncom atau putih dan hitam pada tempe. Perbedaan warna ini disebabkan karena perbedaan warna konidia dan sporanya.

Bakteri, ragi dan kapang yang tumbuh dalam bahan pangan dapat mengubah komposisi bahan pangan. Mikroba penghasil enzym dapat menghidrolisis pati, memfermentasi gula atau  menghidrolisis lemak yang menyebabkan ketengikan atau merusak protein yang menimbulkan bau busuk. Mikroba tersebut dapat membentuk lendir, gas, busa, penyimpangan warna, asam, racun dll. Bila makanan terkontaminasi secara spontan di udara, maka dalam makanan tersebut terdapat pertumbuhan campuran dari beberapa jenis mikroba.

Bakteri, ragi dan kapang dapat tumbuh baik pada keadaan hangat dan lembab. Ada bakteri yang mempunyai kisaran suhu pertumbuhan antara 45-550C disebut bakteri termofilik. 20-450C disebut bakteri mesofilik dan dibawah 200C disebut bakteri psikrofilik. Spora dari kebanyakan bakteri dapat bertahan pada suhu air mendidih, pada suhu yang lebih rendah spora akan bergeminasi dan berkembang biak. Bakteri, ragi  dan kapang yang membuthkan oksigen untuk tumbuh disebut bakteri aerobik, yang tidak dapat tumbuh bila ada oksigen disebut anaerobik.

Bakteri dapat memperbanyak diri dengan cepat dalam keadaan optimum, dari 1 sel menjadi 2 sel hanya memerlukan waktu 20 menit dan seterusnya tumbuh berlipat ganda menurut fungsi eksponensial. Pada umumnya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme dibagi dalam 2 kelompok:
  1. Faktor dalam (intrinsik) termasuk nilai nutrisi bahan pangan, kadar air, pH, potensi oksidasi reduksi dan ada tidaknya substansi penghalang atau penghambat.
  2. Faktor luar (ekstrinsik) misalnya temperatur, kelembaban relatif, ada tidaknya oksigen dan bentuk atau kondisi bahan pangan.

1. 2. Serangga dan tikus

Serangga dapat merusak buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian dan umbi-umbian dengan cara melukai permukaan bahan pangan sehingga dapat menyebabkan kontaminasi bakteri, ragi dan kapang. Serangga dapat dikendalikan secara fumigasi dengan metil bromida, etilen oksida dan propilen oksida pada biji-bijian dan buah-buahan kering. Etilene dan propilen tidak boleh digunakan untuk bahan pangan yang mempunyai kadar air tinggi karena kemungkinan dapat membentuk racun.

Telur serangga dapat teringgal dalam bahan pangan, sebelum dan sesudah pengolahan misalnya dalam tepung. Upaya untuk menghancurkan tepung dengan disentrifuge, sehingga benturan-bentruan yang keras dari dinding sentrifuge akan memecahkan telur tersebut. Meskipun pecahan telur masih tertinggal dalam tepung, tetapi tidak dapat memperbanyak diri lebih lanjut. 

Tikus merupakan ancaman berbahaya baik terhadap hasil biji-bijian sebelum dipanen maupun bahan yang disimpan dalam gudang. Tikus merugikan karena memakan bahan pangan tetapi jga karena kotoran, rambut dan air kencingnya dapat merupakan media yang baik  bagi pertumbuhan bakteri dan menimbulkan bau yang tidak enak.

2. Faktor Lingkungan

2. 1. Cahaya
Banyak kerusakan mutu gizi pangan yang diawali atau dipercepat oleh cahaya. Efek katalitik cahaya yang paling mencolok adalah cahaya berenergi tinggi dengan panjang gelombang yang pendek (spektrum ultraviolet). Beberapa nutrien yang peka terhadap cahaya adalah vitamin riboflavin, vitamin A dan vitamin C ; asam amino misalnya histidin, triptopan, tirosin, fenilalanin dan asam amino sulfur. Nutrien tersebut bersama pengaktif riboflavin dan asam lemak yang bereaksi dengan peroksida mudah diserang oleh cahaya sehingga mengalami kerusakan.

Bahan-bahan yang sensitif terhadap cahaya dapat dilindungi dalam pengepakan dalam wadah yang tidak tembus sinar. Perlindungan yang diberikan oleh pengemas terbagi menjadi 2 katagori :
  1. perlindungan langsung dengan menyerap atau memantulkan semua atau sebagian sinar
  2. perlindungan tidak langsung dengan mencegah jalan masuknya komponen yang diperlukan dalam  reaksi yang mengkatalisis cahaya. Perlindungan terhadap masuknya oksigen atmosfir adalah yang paling penting.

2. 2. Oksigen

Oksigen dapat merusak vitamin A dan C, warna bahan pangan, cita rasa dan merangsang pertumbuhan kapang. Umumnya kapang bersifat aerobik, maka sering ditemukan tumbuh diatas permukaan bahan pangan. Oksigen dapat dikurangi jumlahnya dengan mengisap udara keluar dari wadah sehingga vakum, lalu menggantikannya dengan gas inert selama pengolahan misalnya N2 atau CO2 atau dengan mengikat molekul oksigen menggunakan reagen kimia. Bahan pangan yang mengandung lemak, apabila ada oksigen dapat menyebabkan ketengikan.

3. Waktu penyimpanan

Sesaat setelah panen bahan pangan memiliki mutu terbaik, namun hanya berlangsung sementara. Beberapa bahan pangan menurun mutunya dalam satu atau dua hari atau beberapa jam setelah pemanenan. Efek kerusakan yang disebabkan mikroba, enzym, serangga, pengaruh pemanasan aau pendinginan, kadar air, oksigen dan cahaya, semuanya dipengaruhi oleh waktu. Waktu yang lebih lama akan menyebabkan kerusakan bahan pangan yang lebih besar.


E. Komponen Utama Bahan Pangan

Komponen utama bahan pangan yaitu : air, protein, karbohidrat dan lemak. Disamping itu juga mengandung zat anorganik dalam bentuk mineral dan komponen organik misalnya vitamin, asam, antioksida, pigmen dan komponen cita rasa. Jumlah masing-masing komponen berbeda-beda tergantung sifat alamiah bahan.




1.   Air

Air merupakan bahan yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Fungsi air tidak pernah dapat tergantikan oleh senyawa lain. Air juga merupakan komponen yang penting pada bahan pangan karena air dapat mempengaruhi tekstur, penampakan serta cita rasa. Bahkan dalam makanan kering sekalipun seperti buah kering, tepung serta biji-bijian masih terkandung air dalam jumlah tertentu. Air memang bukan merupakan sumber nutrien, namun sangat esensial dalam kelangsungan proses biokimiawi organisme hidup.

Semua bahan pangan mengandung air dalam jumlah yang berbeda-beda, baik itu nabati maupun hewani. Air berperan sebagai pembawa zat-zat makanan dan sisa-sisa metabolisme serta sebagai media reaksi berbagai senyawa kimia. Air dalam bahan pangan berupa kristal yang akan terhisap pada bagian permukaan dalam jumlah sedikit. Dalam jaringan tumbuhan dan hewan mengandung air yaitu 90% daun mengandung air dan 50-65% daging mengandung air. Pada tumbuhan dan hewan air berada dalam sirkulasi cairan misalnya dalam darah dan limfa dan antara 2 sel terdapat di bagian cairan intraseluler dan cairan antar sel.

Air merupakan komponen bahan pangan yang mempengaruhi sifat  fisik, kimia dan biologis bahan pangan. Pada perubahan fisik bahan pangan, maka perubahan air akan mempengaruhi tekstur. Pada proses mikrobiologis, peranan air sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Pada proses kimiawi dalam bahan pangan, air sangat penting sebagai pelarut sebagai  reaktan reaksi hidrolisis, sebagai reaksi produk kondensasi dan sebagai modifikator aktivitas katalisator dan inhibitor.

Disamping itu sifat-sifat air dapat dikorelasikan dengan aktivitas air (Aw). Nilai Aw bukan kadar air, tetapi merupakan nilai batas terendah dari air yang tersedia untuk pertumbuhan mikroba. Jenis mikroba yang berbeda membutuhkan jumlah air yang berbeda pula untuk pertumbuhannya. Bakteri dapat tumbuh dengan baik pada Aw 0,91, jamur pada Aw 0,7-0,91 dan kapang lebih rendah lagi.

Air juga sangat berpengaruh terhadap mutu bahan pangan. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa dalam pengolahan pangan air sering dikeluarkan atau dikurangi dengan cara penguapan atau pengentalan dan pengeringan. Pengeluaran air selain mengawetkan juga untuk mengurangi besar dan berat bahan pangan sehingga memudahkan dan menghemat pengepakan.


Kandungan air sangat berpengaruh terhadap konsistensi bahan pangan, dimana sebagian besar bahan pangan segar mempunyai kadar air lebih dari 70%. Sebagai contoh sayur-sayuran dan buah-buahan segar mempunyai kadar ar 90-95%, susu 85-90%, ikan 70-80%, telur 70-75% dan daging 60-70%. Umumnya keawetan pangan berhubungan erat dengan kadar air yang dikandungnya. Beberapa jenis biji-bijian yang diperdagangkan mempunyai kadar air tertentu misalnya beras 14% atau kacang kedelai 8%. Pada kadar air tersebut beras dan kacang kedelai mempunyai keawetan dan daya simpan lebih lama dibandingkan dengan keadaan segarnya pada kadar air yang lebih tinggi.

Dalam bahan pangan air dalam bentuk air bebas dan air terikat. Air bebas mudah dihilangkan dengan cara penguapan atau pengeringan, sedangkan air terikat sukar dihilangkan dari bahan pangan tersebut meskipun dengan cara pengeringan.

Kadar air pada permukaan bahan pangan dipengaruhi oleh kelembaban nisbi (RH) udara sekitarnya. Jika kadar air rendah, sedangkan RH tinggi, maka akan terjadi penyerapan uap air dari udara hingga bahan menjadi lembab atau kadar airnya lebih tinggi. Jika suhu bahan pangan lebih rendah dibanding sekitarnya, maka akan terjadi kondensasi uap air udara pada permukaan bahan dan dapat merupakan media yang baik bagi pertumbuhan mikroorganisme. Terjadinya kondensasi tidak selalu berasal dari luar bahan pangan. Dalam pengepakan, beberapa bahan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran dapat menghasilkan air dari respirasi dan transpirasi. Air inilah yang dapat membantu pertumbuhan mikroba.

Bahan pangan kering juga dapat menghasilkan air, misalnya jika suhu naik selama pengepakan. Akibatnya kelembaban nisbi pada permukaan akan berubah. Uap air ini kemudian dapat berkondensasi pada permukaan bahan pangan terutama jika suhu penyimpanan turun.

2. Protein

Protein merupakan salah satu kelompok makronutrien. Tidak seperti makronutrien lainnya (karbohidrat dan lemak) protein berperan lebih penting dalam pembentukan biomolekul daripada sumber energi. Namun demikian apabila organisme sedang kekurangan energi, maka protein dapat juga dipakai sebagai sumber energi. Kandungan energi protein rata-rata 4 Kkal/g atau setara dengan kandungan energi karbohidrat. Disamping dapat sebagai sumber energi, protein sangat penting  karena merupakan sumber asam-asam amino karboksilat. Zat ini diperlukan tubuh untuk membentuk protein baru. Umur protein dalam tubuh manusia tergantung fungsinya, misalnya protein darah hanya beberapa hari, sedangkan protein otot kira-kira sebulan.

Protein memiliki bermacam-macam fungsi bagi tubuh diantaranya sebagai enzym, zat pengatur pergerakan, pertahanan tubuh, alat pengangkut dan lain-lain. Hampir semua reaksi biologis dipercepat atau dibantu oleh suatu senyawa makromolekul spesifik yang disebut enzym mulai dari reaksi yang sangat sederhana seperti reaksi transportasi karbohidrat sampai reaksi yang sangat rumit seperti replikasi kromosom. Hampir semua enzym menunjukkan daya katalitik yang luar biasa, dan biasanya dipercepat oleh suatu reaksi sampai beberapa juta kali. Protein besar peranannya terhadap perubahan-perubahan kimia dalam suatu sistem biologis yang menimbulkan penganekaragaman.

Kadar protein dalam bahan pangan menentukan mutu bahan pangan tersebut. Pada tubuh hewan protein terdapat dalam otot daging, kulit, kuku dan rambut. Sedangkan pada tanaman protein terdapat dalam biji, daun, buah dan rhizoma. Protein juga merupakan penyusun utama enzym-enzym dan antibodi serta cairan-cairan tubuh seperti darah, susu dan putih telur.

Protein sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu makhluk. Sebagai contoh setiap orang membutuhkan 1 gram per kg BB per hari. Seperempat dari jumlah protein tersebut sebaiknya berasal dari protein hewani. Jadi misalnya seorang dengan BB 50 kg, memerlukan 50 g protein per hari, maka sebanyak 12,5 g berasal dari protein hewani. Satu gram protein dapat menghasilkan 4 kalori.

Molekul protein terutama disusun oleh atom karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) dan nitrogen (N). Sebagian protein mengandung sulfur (S) dan fosfor (P). Protein dibentuk oleh satuan-satuan asam amino yang membentuk polimer sehingga merupakan senyawa yang panjang. Molekul asam amino mempunyai gugus amino (-NH2) yang bersifat basa dan gugus karboksil (-COOH) yang bersifat asam. Keadaan tersebut memungkinkan asam amino dapat bereaksi baik dengan asam maupun basa. Gugus karboksil dari asam amino berikatan dengan asam amino lain mengeluarkan H2O dan membentuk suatu ikatan peptida (-CO-NH-). Dua molekul asam amino yang membentuk ikatan peptida disebut dipeptida. Gugus amino dan karboksil bebas dari dipeptida ersebut dapat bereaksi lagi dengan asam amino lainnya membentuk polipeptida.

Sifat fisikokimia protein tidak sama, tergantung pada jumlah dan jenis asam aminonya. Berat molekul protein sangat besar sehingga bila protein dilarutkan dalam air dapat membentuk suatu dispersi koloidal. Molekul protein tidak dapat melalui membaran semipermiabel, tetapi masih dapat menimbulkan tegangan membran. Protein ada yang larut dalam air, ada pula yang tidak larut air, tetapi semua protein tidak larut dalam pelarut lemak seperti etil ether. Bila dalam suatu larutan protei ditambahkan garam, daya larut protein akan berkurang, akibatnya protein akan terpisah sebagai endapan. Peristiwa pemisahan protein ini disebut salting out. Bila garam neral ditambahkan dalam konsentrasi tinggi, maka protein akan mengendap. Garam-garam logam berat dan asam mineral kuat ternyata baik digunakan untuk mengendapkan protein. Prinsip ini dapat dipakai untuk mengobati orang yang keracunan logam berat dengan memberi minum susu atau makan telur mentah. Apabila protein dipanaskan atau ditambahkan alkohol, maka protein akan menggumpal. Hal ini disebabkan alkohol dapat menarik mantel air yang melingkupi molekul-molekul protein, selain itu penggumpalan juga dapat terjadi karena aktivitas enzym-enzym proteolitik.

Kini telah dikenal 25 masam asam amino dan 10 diantaranya adalah asam amino esensial yaitu asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh manusia maupun hewan. Kebutuhan asam amino tersebut harus dimaukkan kedalam tubuh melalui makanan. Asam amino esensial tersebut meliputi leusin, isoleusin, lisin,  metionin, fenilalanin, treonin, triptopan, valin, arginin dan histidin. Arginin tidak esensial untuk anak-anak maupun orang dewasa tetapi dapat memperbaiki pertumbuhan bayi, sedangkan histidin esensial untuk anak-anak tetapi tidak esensial untuk orang dewasa. Asam-asam amino lainnya dapat disintesis dari asam amino yang lain atau dari asam keto secara aminasi didalam tubuh manusia atau hewan.

Protein dapat mengalami kerusakan karena pengaruh panas, reaksi dengan asam maupun basa, goncangan dan sebab-sebab lain. Sebagai contoh protein dalam larutan pada pH tertentu dapat mengalami denaturasi dan mengendap. Perubahan tersebut dalam makanan mudah dikenal dengan terjadinya penggumpalan atau pengerutan, misalnya putih telur akan menggumpal dan daging akan mengerut apabila dipanaskan atau susu dapat menggumpal karena pengaruh asam.

Larutan protein dapa juga membentuk selaput yang akan membuih apabila dikocok. Misalnya putih telur, bila pengocokan berlebihan dapat menyebabkan protein mengalami denaturasi sehingga selaput pecah dan buih mengempis.  Selain denaturasi protein dapat mengalami degradasi yaitu pemecahan molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana karena pengaruh asam, basa atau enzym. Hasil degradasi protein dapat berbentuk proteosa, pepton, polipeptida, peptida, asam amino, NH3 dan unsur N. Selain itu dapat pula dihasilkan komponen-komponen yang menimbulkan bau busuk misalnya merkaptan, skatol, putrescine dan H2S.

3. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber kalori atau makronutrien utama bagi organisme heterotrof. Berbeda dengan  organisme autotrof yang dapat mensintesa biomolekul untuk satu keperluan hidupnya dari bahan-bahan anorganik (CO2 dan H2O). Mikroorganisme, manusia dan hewan hanya dapat menggunakan hasil sintesa organisme autotrof untuk keperluan hidupnya.

Akrbohidrat berperan penting dalam sistem biologi khususnya dalam respirasi. Karbohidrat dihasilkan dari proses fotosintesis dalam tanaman berdaun hijau. Karbohidrat dapat dioksidasi menjadai energi, misalnya glukosa dalam sel jaringan manusia atau hewan. Fermentasi karbohidrat oleh ragi atau mikroba lain dapat menghasilkan CO2, alkohol, asam organik dan zat-zat organik lainnya.

Dalam bahan pangan nabati, karbohidrat merupakan komponen yang relatif tinggi kadarnya. Beberapa zat yang termasuk golongan karbohidrat adalah gula, dekstrin, pati, selulosa, hemiselulosa, pektin, gum dll. Unsur-unsur yang membentuk karbohidrat terdiri hari karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O) kadang-kadang juga nitrogen (N). Pentosa dan heksosa merupakan salah satu contoh karbohidrat sederhana misalnya arabinosa, glukosa, fruktosa, galaktosa dll. Masing-masing gula tersebut mempunyai rumus  molekul C6H12O6, tetapi masing-masing  dibedakan oleh posisi hidroksil (-OH) di sekeliling cincin. Perbedaan posisi gugus-gugus hidroksil tersebut diantaranya mempengaruhi sifat-sifat kelarutan, kemanisan dan mudah tidaknya difermentasi oleh mikroba tertentu.

Dua molekul gula dapat saling berkaitan dengan cara mengeluarkan satu molekul air. Hasil pengikatan tersebut membentuk satu molekul disakarida, sebagai contoh misalnya maltosa dibentuk dari 2 molekul glukosa. Disakarida, dekstrin, pati, selulosa, hemiselulosa, pektin dan gum dapat diuraikan atau dihidrolisa menjadi sakarida yang lebih kecil atau gula-gula sederhana, sebagai contoh misalnya amilosa dapat dihidrolisa menghasilkan oligosakarida dan maltosa.

Polisakarida merupakan kelompok karbohidrat yang paling banyak di alam. Polisakarida juga merupakan suatu senyawa makromolekul yang terbentuk dari banyak sekali satuan unit monosakaraida. Jumlah polisakarida ini jauh lebih banyak daripada oligosakarida maupun monosakarida. Sebagian dari polisakarida membentuk struktur tanaman yang tidak dapat larut misalnya selulosa dan hemiselulosa. Sebagian lagi membentuk senyawa cadangan pangan berbentuk pati dalam tanaman atau glikogen pada sel hewan. Untuk karbohidrat cadangan tersebut dapat larut dalam air hangat.

Gula pereduksi biasanya dapat bereaksi dengan zat-zat lain misalnya dengan asam amino dari protein seperti yang terjadi pada reaksi Maillard atau proses browning, membentuk warna dan sifat yang berbeda. Pada keadaan ini gugus amino dari protein bereaksi dengan gugus aldehid atau keton dari gula pereduksi dan menghasilkan warna coklat, misalnya warna gelap pada susu bubuk yang terlalu lama disimpan. Proses brwning seperti itu disebut reaksi non enzymatikbrowning. Selain itu browning juga dapat trjadi secara enzymatik yang disebut enzymatik browning. Sebagai contoh adalah warna gelap pada permukaan sayatan buah apel atau salak dan warna coklat dari teh yang berasal dari tannin.  Selain itu warna juga dapat disebabkan oleh faktor lain yaitu proses karamelisasi gula menyebabkan warna coklat tua. Beberapa contoh yang termasuk karamelisasi adalah warna gelap pada gula tebu karena pemanasan, warna roti penggang dan warna coklat dari karamel kembang gula.

Beberapa Fungsi Karbohidrat Dalam Industri Pangan 1[1]
Secara umum, karbohidrat digolongkan menjadi 3 kelompok, yaitu : monosakarida dan turunannya, oligosakarida serta polisakarida. Masing-masing kelompok memiliki keunggulan serta fungsi yang khas dalam pangan. Higroskopisitas karbohidrat bervariasi dan tergantung pada struktur, isomer dan kemurnian. Sedangkan solubilitas karbohidrat akan berkurang jika karbohidrat lengket satu sama lain. Monosakarida dan oligosakarida larut dalam air. Monosakarida juga larut dalam etanol tetapi tidak larut dalam pelarut organic (ether, chloroform, benzene). Monosakarida dan oligosakarida serta gula alcohol memiliki rasa manis. β – D Mannose memiliki rasa manis dan pahit. Beberapa oligosakarida, seperti gentiobiosa, memiliki rasa pahit. Pemanis yang sering digunakan adalah sukrosa, starch syrup (campuran glukosa, maltosa dan malto oligosakarida), glukosa, gula invert, fruktosa, laktosa dan gula alcohol (sorbitol, mannitol, xylitol).
Sukrosa memiliki rasa manis yang paling nyaman, meskipun digunakan dalam konsentrasi tinggi. Tabel tingkat kemanisan beberapa jenis gula terhadap sukrosa dapat dilihat pada table .
Tabel . Tingkat kemanisan beberapa gula terhadap sukrosa
Gula
Tingkat kemanisan
Gula
Tingkat kemanisan
Sukrosa
100
D-Mannitol
69
Galactitol
41
D-Mannosa
59
D-Fruktosa
114
Raffinosa
22
D-Galaktosa
63
D-Rhamnosa
33
D-Glukosa
69
D-Sorbitol
51
Gula invert
95
Xylitol
102
Laktosa
39
D-Xylose
67
Maltosa
46


Keterangan : 10 % larutan
Monosakarida merupakan molekul karbohidrat yang tidak dapat dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi. Molekul ini merupakan molekul pembentuk oligosakarida dan polisakarida. Glukosa, fruktosa dan galaktosa merupakan beberapa jenis karbohidrat yang termasuk ke dalam kelompok monosakarida. Glukosa dan fruktosa biasa digunakan sebagai pemanis. Gula pereduksi (glukosa, fruktosa) yang bereaksi dengan gugus amino pada suhu tinggi/water activity rendah akan menimbulkan warna kecoklatan. Reaksi ini disebut reaksi maillard (berguna dalam pembuatan roti/bread). Pada proses pemanasan suhu tinggi dengan katalis asam atau basa, gula pereduksi akan mengalami karamelisasi.
Beberapa turunan monosakarida adalah D-glucitol/sorbitol (pemberi kesan dingin pada candies), D-mannitol (non sticky coating pada candies) dan D-xylitol (pemberi kesan dingin). Reaksi pyrolitik yang terjadi pada maltol dan isomaltol akan menghasilkan warna dan aroma yang khas. Polyols adalah istilah untuk menyebutkan gula-gula alkohol. Polyols menimbulkan efek/sensasi dingin saat senyawa tersebut larut di dalam mulut. Semakin kecil ukuran partikel, maka akan semakin cepat larut dan efek dinginnya lebih terasa. Xylitol dan sorbitol memberikan cooling effect yang lebih baik jika dibandingkan dengan maltitol, manitol atau sukrosa. Polyols tidak menyebabkan pengikisan gigi. Bahkan, xylitol dilaporkan dapat menghambat pertumbuhan Streptococcus (bakteri yang sering dijumpai pada plak gigi). Selain itu, xylitol juga dapat membuat plak menjadi mudah dihilangkan, membantu menghambat demineralisasi pada lapisan enamel, dan menstimulasi keluarnya kelenjar saliva untuk menetralisir asam. Energi yang dihasilkan oleh polyols antara 2 - 4 kkal/g (rata-rata : 2,4 kkal/g). Polyols memiliki efek laksatif. Sorbitol dan maltitol mempunyai efek humektan yang sangat bagus. Kedua polyol ini sangat mudah menyerap air pada RH tinggi. Pada RH rendah, sorbitol dan maltitol akan melepaskan air ke udara dan membentuk keseimbangan kadar air yang baru.
Oligosakarida merupakan gabungan dari molekul-molekul monosakarida. Oligosakarida dapat berupa disakarida, trisakarida, dst. Sebagian besar oligosakarida dihasilkan dari proses hidrolisa polisakarida dan hanya beberapa oligosakarida yang secara alami terdapat di alam. Oligosakarida yang paling banyak digunakan dalam industri pangan adalah maltosa, laktosa dan sukrosa.
Maltosa terdiri dari 2 molekul glukosa. Maltosa diperoleh dari hasil hidrolisa pati. Kegunan maltosa yang paling menonjol adalah sebagai bahan pemanis. Laktosa terdiri dari 1 molekul glukosa dan 1 molekul galaktosa. Secara alami, laktosa terdapat pada air susu. Laktosa yang terfermentasi akan berubah menjadi asam laktat. Laktosa dapat menstimulasi penyerapan kalsium. Lactose intolerance merupakan gangguan ketidakmampuan tubuh mencerna laktosa akibat kurang/tidak adanya enzim lactase. Sukrosa merupakan gabungan dari α-D-glukopyranosil/glukosa dan β-D-fruktofuranosil/fruktosa. Sukrosa biasa diperoleh di alam sebagai gula tebu dan gula bit (dalam ekstrak gula bit, sukrosa bercampur dengan rafinosa dan stakiosa).
Polisakarida merupakan polimer dari monosakarida yang tersusun dalam rantai bercabang atau lurus. Derajat polimerisasi polisakarida dinyatakan dalam DP (Degree of Polymerization), contoh : DP selulosa sebesar 7000 – 15000. Polisakarida juga biasa disebut sebagai glikan. Berdasarkan unit pembentuknya, glikan terbagi menjadi 2 kelompok : homoglikan (selulosa, pati, amilopektin) dan heteroglikan (algin, guar gum). Polisakarida yang sering digunakan dalam industri pangan adalah agar, alginate, carragenan, LBG, pectin, CMC, modified starch dan xanthan gum.
Agar merupakan hasil isolasi rumput laut (alga merah/Rhodopyceae), seperti : Gelidium spp., Pterocladia spp., Glaciralia spp., melalui proses ekstraksi dengan bantuan air panas. Agar tidak larut dalam air dingin, sedikit larut dalam ethanolamine dan larut dalam formamide. Agar biasa digunakan sebagai media dalam mikrobiologi dan bahan baku/tambahan dalam industri pangan. Beberapa sifat dan kegunaan agar adalah : tidak dapat dicerna, membentuk gel tahan panas serta dapat digunakan sebagai emulsifier dan stabilizer. Sejumlah 0.1 % agar biasa ditambahkan pada ice cream dan sherbets (frozen dessert dari jus buah, gula, air dan susu). Sejumlah 0.1 – 1 % agar biasa digunakan sebagai stabilizer pada yoghurt, keju, candy dan produk bakery.
Alginate diperoleh dari alga coklat (Phaeophyceae) melalui proses ekstraksi dalam kondisi alkali. Alginat berfungsi sebagai thickening, stabilizing dan gel forming agent. Sejumlah 0.25 – 0.5 % alginate dapat memperbaiki dan menstabilkan konsistensi isi dari produk yang dipanggang (cake, pie), salad dressing dan coklat, serta dapat mencegah pembentukan kristal berukuran besar pada ice cream selama penyimpanan. Alginat juga biasa digunakan dalam pembuatan pudding.
Carrageenans berasal dari spesies Chondur, Eucheuma, Gigartina, Gloiopeltis dan Iridaea yang diekstraksi menggunakan air panas sedikit alkali. Carrageenans biasa digunakan untuk menaikkan kekentalan dan menstabilkan emulsi. Sejumlah 0.03 % carrageenans ditambahkan pada coklat untuk mencegah pemisahan lemak dan menstabilkan suspensi partikel kakao. Carrageenans mencegah syneresis pada keju serta memperbaiki sifat adonan produk bakery. Carrageenans dengan garam K+ biasa digunakan dalam desserts dan daging kaleng. Pengendapan protein pada susu kental manis dapat dicegah dengan penambahan carrageenans. Carrageenans juga biasa ditambahkan untuk menstabilkan ice cream dan menjernihkan minuman.
Locust Bean Gum (LBG) digunakan sebagai thickener, binder dan stabilizer dalam pembuatan daging kaleng, salad dressing, sosis, keju lunak dan ice cream. LBG juga digunakan untuk memperbaiki water holding capacity terigu bergluten rendah.
Pektin biasa digunakan pada pembuatan marmalade dan jelly. Gel akan terbentuk pada kondisi pH 2.8 – 3.5 dan 58 – 75 % sukrosa serta pectin < 1 %. Pektin juga digunakan pada pembuatan minuman dan ice cream.
Modified starch merupakan starch yang sifatnya telah dimodifikasi secara fisika atau kimia sehingga memiliki sifat tertentu yang menguntungkan.
Carboxymethyl Cellulose (CMC) merupakan hasil perlakuan antara cellulose bersifat alkali dengan chloroacetic acid. CMC berfungsi sebagai binder dan thickener yang digunakan untuk memperbaiki tekstur produk-produk seperti : jelly, pasta, keju, salad dressing dan ice cream. CMC dapat mempertahankan tekstur ice cream dan mencegah kristalisasi gula pada produk candy serta mencegah retrogradasi pati pada produk yang dipanggang.
Xanthan Gum merupakan polisakarida yang diperoleh dari Xanthomonas campestris dan beberapa mikroorganisme lain. Xanthan gum tahan pada pemanasan suhu tinggi serta bisa berfungsi sebagai thickener dan stabilizer.
Dekstran biasa digunakan sebagai thickener atau stabilizer pada confectionery, minuman, ice cream dan produk yang dipanggang.
Polyvinyl Pyrrolidone (PVP) merupakan kompleks tidak larut yang mengandung komponen phenol sehingga biasa digunakan sebagai penjernih.
4. Lemak

Lemak merupakan salah satu kelompok yang termasuk golongan lipida. Salah sau sifat yang khas dari golongan lipida (lemak dan minyak) adalah daya larutnya dalam pelarut organik (misalnya ether, benzena dan kloroform) atau sebaliknya ketidaklarutannya dalam pelarut air. Lemak dan minyak secara kimiawi adalah trigliserida yang merupakan bagian terbesar kelompok lipida.

Trigliserida ini merupakan senyawa hasil kondensasi satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Di alam, bentuk gliserida yang lain yaitu digliserida dan monogliserida yang dibuat dengan sengaja dari hidrolisa tidak lengkap. Trigliserida banyak dipakai dalam teknologi makanan sebagai pengemulsi dan penstabil.

Secara umum lemak diartikan sebagai trigliserida yang dalam kondisi suhu ruang dalam keadaan padat, sedangkan minyak adalah trigliserida dalam suhu ruang berbentuk cair. Secara lebih pasti tidak ada batasan yang jelas untuk membedakan minyak dan lemak.

Lemak dalam makanan sebagai sumber energi dan secara biologis mempunyai arti sebagai penyimpan zat-zat cadangan. Jika makan melebihi kebutuhan, maka kelebihannya akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam jaringan-jaringan tertentu dalam lemak jaringan.

Lemak berbeda dengan karbohidrat dan protein karena tidak terdiri dari polimer satuan-satuan molekuler. Setiap gram lemak mengandung kalori 2,25 kali dari jumlah kalori yang dihasilkan olej protein atau karbohidrat. Lemak selalu tercampur dengan komponen-komponen lain dalam makanan misalnya vitamin-vitamin yang larut lemak yaitu A, D, E dan K, sterol seperti zoo sterol (dalam lemak hewan) dan fitosterol (dalam lemak sayuran), fosfolipida yang bersifat sebagai zat pengemulsi dengan protein yaitu lipoprotein atau dengan karbohidrat yaitu glikolipid.

Hampir semua bahan pangan banyak mengandung lemak dan minyak, terutama bahan pangan hewani. Lemak dalam jaringan hewan terdapat pada jaringan adipose. Dalam tanaman lemak disintesis dari 1 molekul gliserol dengan 3 molekul asam lemak yang terbentuk dari kelanjutan oksidasi karbohidrat dalam proses respirasi. Lemak dalam bahan pangan umumnya dipisahkan dari kjomponen lain dengan cara ekstraksi menggunakan pelarut ether, etil ether, khloroform, atau benzena yang dinamakan ether soluble fraction atau crude fat. Sesungguhnya crude fat bukan saja terdiri dari trigliserida, tetapi termasuk lilin, fosfolipida, cerebrosida, turunan lipid seperti sterol, pigmen, hormon, minyak atsiri dll.

Beberapa bahan pangan cenderung untuk mengikat oksigen dari udara. Hal ini terjadi dari bahan pangan yang mengandung lemak dan minyak. Terjadinya oksidasi pada bahan tersebut mengakibatkan kerusakan yang disebut ketengikan. Ransiditas yang merupakan kerusakan lemak meliputi ransiditas hidrolitik dan ransiditas oksidatif. Ransiditas hidrolitik terjadi secara spontan karena pengaruh luar. Spontan terjadai karena dalam lemak terdapat enzym lipase yang tidak aktif, tetapi kalau substratnya sesuai akan aktif dan menghidrolisis lemak dalam pangan tersebut. Pengaruh luar tersebut diantaranya:
  1. pengadukan yang dapat menyebabkan buih pada susu yang belum dimasak.
  2. Fluktuasi suhu akibat pemanasan bisa mempengaruhi kadar lemak
  3. Homogenisasi pada susu diperlukan agar tidak terjadi pemisahan antara skim dan krim. Biasanya dilakukan setelah pasteurisasi untuk menginaktifkan lipase yang aktif setelah proses pasteurisasi.

Ransiditas oksidatif  secara spontan dapat terjadi 48 jam karena adanya pengaruh oksigen, kemudian terjadi hidrolisis secara spontan. Beberapa faktor yang mempengaruhi proses ransiditas oksidatif adalah:
  1. semakin tinggi suhu akan semakin cepat terjadinya ransiditas oksidatif. Suhu 200C lebih cepat berpengaruh terhadap ransiditas dibandingkan dengan suhu 40C
  2. Oksigen akan mempercepat ransiditas oksidatif, maka perlu dilakukan pengurangan oksigen dalam proses pengolahan
  3. Pemanasan akan mempengaruhi gugus SH yang akan menyebabkan flavor yang tidak dikehendaki.
  4. Pengaruh logan Cu dan Fe akan meningkatkan pengaruh oksidasi lemak oleh karena itu disarankan menggunakan alat dari stainless steel.

Air dan lemak tidak dapat menyatu, oleh karena itu perlu emulsifier untuk menstabilkan lemak dengan air sehingga tidak mudah pecah emulsi lemak dalam air.

Setelah dipanen bahan pangan secara fisiologik masih hidup, proses ini perlu dipertahankan, namun jangan dibiarkan berlangsung cepat karena akan mempercepat pembusukan. Cara memperlambat pernafasan bahan pangan tersebut dengan perlakuan yang penting untuk mengawetkan bahan pangan. Beberapa perlakuan pengawetan bahan pangan meliputi:
  1. pemanasan dan pengeringan
  2. pendinginan dan pembekuan
  3. pengasapan
  4. radiasi
  5. penambahan bahan lain (kimia, asam, gula, garam) dalam dosis tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar